Spesifiaksi honda megapro 160 cc
SPESIFIKASI
|
||||||
UMUM
|
||||||
DIMENSI
|
Panjang
|
2020 mm
|
||||
Lebar
|
740 mm
|
|||||
Tinggi
|
1056 mm
|
|||||
Jarak poros roda
|
1280 mm
|
|||||
Tinggi sadel
|
774 mm
|
|||||
Tinggi pijakan kaki
|
306 mm
|
|||||
Jarak terendah ke tanah
|
140 mm
|
|||||
Berat kosong
|
109 mm
|
|||||
Berat siap pakai
|
119 mm
|
|||||
RANGKA
|
Tipe
|
Pola berlian
|
||||
Suspensi depan
|
Garpu teleskopik dengan
udara bertekanan
|
|||||
Jarak pergerakan
poros roda
|
119 mm
|
|||||
Langkah garpu depan
|
135 mm
|
|||||
Suspensi belakang
|
Lengan ayun dan sokbreker pegas variabel
|
|||||
Jarak pergerakan
poros roda
|
74 mm
|
|||||
Ukuran ban depan
|
2,75 Ð 18 42P
|
|||||
Ukuran ban belakang
|
3,00 Ð 18 47P
|
|||||
Rem depan
|
Cakram tunggal hidraulis
|
|||||
Rem belakang
|
Sepatu Rem leading/trailing mekanis
|
|||||
Sudut caster
|
28°18
|
|||||
Panjang Trail
|
99 mm
|
|||||
Kapasitas tanki bahan bakar
|
12.4 liter
|
|||||
Kapasitas Cadangan
|
2.3 liter
|
|||||
Tipe Pendinginan udara
|
4 langkah SOHC
|
|||||
MESIN
|
Susunan silinder
|
Silinder tunggal,sudut
kemiringan 15° dari
vertical
|
||||
Diameter x langkah
|
63,5 x 49,5 mm
|
|||||
Volume langkah
|
156 cc
|
|||||
Perbandingan kompresi
|
9,0 :1
|
|||||
Penggerak katup OHC
|
digerakan rantai
|
|||||
Katup masuk buka
|
10° sebelum TMA
|
|||||
tutup
|
35° sesudah TMB
|
|||||
Katup buang buka
|
35° sebelum TMB
|
|||||
tutup
|
5° sesudah TMA
|
|||||
Sistem pelumasan
|
Basah, sirkulasi dengan
pompa oli
|
|||||
Tipe pompa oli
|
Trochoid
|
|||||
Sistem saringan udara
|
Busa polyurethane yang
diminyaki
|
|||||
Berat kosong mesin
|
28,1 kg
|
|||||
KARBURATOR
|
Tipe kaburator
|
Piston Valve, skep
tunggal
|
||||
Diameter skep
|
22 mm
|
|||||
SISTEM
PENGGERAK
|
Sistem kopling
|
Basah, plat majemuk
|
||||
Sistem operasi kopling
|
Dengan kabel (mekanis)
|
|||||
Transmisi
|
5 kecepatan,
bertautan tetap
|
|||||
Reduksi awal
|
3,333 (70/21)
|
|||||
Reduksi akhir
|
3,285 (46/14)
|
|||||
Perbandingan gigi
|
||||||
1
|
2,769 (36/13)
|
|||||
2
|
1,722 (31/18)
|
|||||
3
|
1,263 (24/19)
|
|||||
4
|
1,000 (22/22)
|
|||||
5
|
0,838 (26/31)
|
|||||
Pola pengoperan gigi
|
1 - N - 2 - 3 - 4 - 5
digerakan kaki kiri
|
|||||
LISTRIK
|
Sistem pengapian
|
CDI, jenis DC
|
||||
Sistem pengisian
|
Alternatorator satu fasa
|
|||||
Regulator/rectifier
|
Regulator saklar SCR,
tipe regulator AC/satu
fasa,
rektifikasi 1/2 gelombang
|
|||||
PELUMASAN
|
||||||
BAGIAN
|
STANDAR
|
BATAS SERVIS
|
||||
Kapasitas oli mesin
|
Penggantian periodik
|
0,9 liter
|
_
|
|||
Pembongkaran mesin
|
1,2 liter
|
_
|
||||
OlI Mesin yang di anjurkan
|
Federal Oil Superior Formulation
atau yang sejenisKualitas
API
service SE atau SFViskositas
SAE 40 atau multigrade
|
|||||
Pompa Oli
|
Celah antara rotor & rumah pompa
|
0,15 - 0,21
|
0,35
|
|||
Celah pada ujung rotor
|
0,15
|
0,2
|
||||
Celah samping rotor pompa
|
0,02 - 0,09
|
0,15
|
||||
ISTEM BAHAN BAKAR
BAGIAN
|
SPESIFIKASI
|
Nomor identifikasi
|
PDD1B
|
Diameter venturi
|
24 mm
|
Spuyer utama (main jet)
|
# 108
|
Spuyer langsam (slow jet)
|
# 38
|
Posisi klip jet needle
|
Alur ke 3 dari atas
|
Tinggi pelampung
|
14 mm
|
Pembukaan sekrup udara
|
2 putaran keluar
|
Putaran stasioner
|
1.400 ±100 rpm
|
Jarak main bebas gas tangan
|
2 - 8 mm
|
KEPALA SILINDER/KATUP
BAGIAN
|
STANDAR
|
BATAS
SERVIS
|
||
Tekanan
kompresi silinder
|
13,0 ± 2,0 kg/cm2 Ð
pada putaran 500 rpm
|
-
|
||
Celah katup
|
Masuk
|
0,10 ± 0,02
mm
|
-
|
|
Buang
|
0,10 ± 0,02
mm
|
-
|
||
Tinggi tonjolan bubungan
|
Masuk
|
31,378 - 31,618
|
31,1
|
|
Buang
|
31,218 - 31,358
|
31,0
|
||
Perubahan bentuk kepala silinder
|
-
|
0,10
|
||
Pelatuk
|
Diameter dalam
|
12,000 - 12,018
|
12,05
|
|
Diameter luar poros
|
11,977 - 11,995
|
11,93
|
||
Kelonggaran pelatuk / poros
|
0,005 - 0,041
|
0,08
|
||
KATUP
|
Diameter luar tangkai katup
|
masuk
|
5,450 - 5,465
|
5,42
|
buang
|
5,430 - 5,445
|
5,40
|
||
Diameter dalam bos Katup
|
masuk
|
5,475 - 5,485
|
5,50
|
|
buang
|
5,475 - 5,485
|
5,50
|
||
Kelonggaran tangkai Katup /
bos katup
|
masuk
|
0,010 - 0,035
|
0,06
|
|
buang
|
0,030 - 0,055
|
0,08
|
||
Panjang bebas pegas
|
masuk
|
44,9
|
43,5
|
|
buang
|
39,2
|
38,0
|
||
Lebar dudukan katup
|
1,1 - 1,3
|
1,5
|
SILINDER/PISTON
BAGIAN
|
STANDAR
|
BATAS
SERVIS
|
||
Silinder
|
Diameter dalam
|
63,500 - 63,510
|
63,6
|
|
Ketirusan
|
-
|
0,10
|
||
Kelonjongan
|
-
|
0,10
|
||
Perubahan bentuk
|
-
|
0,10
|
||
Piston,
cincin
piston
dan
pin piston
|
Diameter luar piston
|
63,470 - 63,490
|
63,4
|
|
Diameter dalam lubang pin piston
|
15,002 - 15,008
|
15,04
|
||
Diameter luar pin piston
|
14,994 - 15,000
|
14,96
|
||
Kelonggaran antara pin piston & piston
|
0,002 - 0,014
|
0,07
|
||
Diameter dalam kepala kecil batang penggerak
|
15,010 - 15,028
|
15,06
|
||
Jarak renggang antara piston & silinder
|
0,010 - 0,040
|
0,15
|
||
Jarak renggang antara batang penggerak & pin piston
|
0,010 - 0,034
|
0,10
|
||
Celah antara cincin piston dan alurnya
|
Atas
|
0,025 - 0,055
|
0,10
|
|
Kedua
|
0,015 - 0,045
|
0,10
|
||
Celah
pada ujung
cincin
piston
|
Atas
|
0,20 - 0,35
|
0,5
|
|
Kedua
|
0,35 - 0,50
|
0,5
|
||
Cincin minyak (rel samping)
|
0,20 - 0,70
|
0,9
|
KOPLING/PERALATAN PEMINDAH GIGI
BAGIAN
|
STANDAR
|
BATAS
SERVIS
|
||
Kopling
|
Jarak main bebas handel
|
10 - 20
|
-
|
|
Panjang bebas pegas
|
35,5
|
32,4
|
||
Tebal
cakram
|
Cakram A
|
3,62 - 3,70
|
3,3
|
|
Cakram
B
|
2,90 - 3,00
|
2,6
|
||
Kebengkokan
plat
|
-
|
0,20
|
POROS ENGKOL/TRANSMISI/KICKSTARTER
BAGIAN
|
STANDAR
|
BATAS
SERVIS
|
||
Garpu
pemindah
gigi
|
Diameter dalam
|
12,000 - 12,018
|
12,05
|
|
Tebal cakar
|
4,93 - 5,00
|
4,50
|
||
Diameter luar poros cakar
|
11,976 - 11,994
|
11,90
|
||
|
Diameter
dalam
roda
gigi
|
M3.C4
|
20,020 - 20,041
|
20,07
|
M5.C2
|
23,020 - 23,041
|
23,07
|
||
C1.
|
19,520 - 19,541
|
19,57
|
||
Gigi penggerak starter
|
20,000 - 20,021
|
20,05
|
||
Diameter
luar bos
|
M5
|
22,984 - 23,005
|
22,93
|
|
C1
|
19,479 - 19,500
|
19,43
|
||
C2
|
22,979 - 23,000
|
22,93
|
||
Diameter
dalam bos
|
M5
|
20,020 - 20,041
|
22,10
|
|
C1
|
16,516 - 16.534
|
16,60
|
||
C2
|
20,000 - 20,021
|
20,10
|
||
Jarak
renggang gir
ke bos
|
M5
|
0,015 - 0,057
|
0,10
|
|
C1,C2
|
0,020 - 0,062
|
0,10
|
||
Diameter
luar
poros utama
|
Pada M3,M5
|
19,959 - 19,980
|
19,91
|
|
Pada gigi penggerak starter
|
19,967 - 19,980
|
19,92
|
||
Diameter
luar poros
lawan
|
Pada bos gigi C1
|
16,466 - 16,484
|
16,41
|
|
Pada bos C2
|
19,974 - 19,987
|
19,91
|
||
Pada bos C4
|
19,959 - 19,980
|
19,91
|
||
Jarak
renggang
poros
ke gir
|
M3,C4
|
0,040 - 0,082
|
0,111
|
|
Gigi penggerak starter
|
0,020 - 0,054
|
0,084
|
||
Jarak
renggang
poros
ke bos
|
M5
|
0,040 - 0,082
|
0,111
|
|
C1
|
0,032 - 0,068
|
0, 096
|
||
C2
|
0,013 - 0,047
|
0,10
|
||
Poros engkol
|
Keolengan
|
-
|
0,05
|
|
Jarak
renggang ke samping kepala besar batang penggerak
|
0,05 - 0,30
|
0,5
|
||
Jarak
renggang radial kepala besar penggerak
|
0 - 0,008
|
0,05
|
||
Kickstarter
|
Diameter dalam roda gigi pinion
|
20,000 - 20,021
|
20,05
|
|
Diameter luar poros spindel
|
19,959 - 19, 980
|
19,92
|
RODA
DEPAN/RODA BELAKANG/REM/SUSPENSI/KEMUDI
BAGIAN
|
STANDAR
|
BATAS
SERVIS
|
|
Kedalaman alur ban minimum Ð
|
Depan
|
-
|
1,5
|
Belakang
|
-
|
2,0
|
|
Kebengkokan Poros
|
Depan
|
-
|
0,20
|
Belakang
|
-
|
0.20
|
|
Tekanan angin ban depan
|
Satu orang
|
1,75 kg/cm2, 25
psi
|
-
|
Dua orang
|
|||
Tekanan angin ban belakang
|
Satu orang
|
200 kPa(2,00 kg/cm2 ,29 Psi)
|
-
|
Dua orang
|
225 kPa(2,25 kg/cm2 ,33
Psi)
|
||
Keolengan pelek roda depan/ Belakang
|
Radial
|
|
2,0
|
Aksial
|
|
2,0
|
|
Panjang bebas pegas garpu depan
|
485,5
|
475,8
|
|
Kebengkokan pipa garpu depan
|
|
0,20
|
|
Kapasitas minyak sokbreker garpu depan
|
159 cm3
|
|
|
Tinggi permukaan minyak sokbreker garpu depan
|
159,5
|
|
|
Diameter dalam tromol rem belakang
|
130
|
131
|
|
Tebal kanvas rem belakang
|
4,0
|
2,0
|
REM HIDRAULIK
BAGIAN
|
STANDAR
|
BATAS SERVIS
|
Spesifikasi
minyak rem
|
DOT 4
|
|
Tebal
cakram rem
|
3,8 - 4,2
|
3,5
|
Keolengan
cakram rem
|
|
0,30
|
Diameter
dalam silinder utama
|
12,700 - 12,743
|
12,76
|
Diameter
luar piston silinder utama
|
12,657 - 12,684
|
12,64
|
Diameter
dalam silinder caliper
|
25,400 - 25,450
|
25,46
|
Diameter
luar piston caliper
|
25,318 - 25,368
|
25,31
|
BATERE/SISTEM PENGISIAN
BAGIAN
|
SPESIFIKASI
|
||
Batere
|
Kapasitas
|
12V - 2,5 Ah
|
|
Kebocoran
arus maksimum
|
0,1 mA
|
||
Berat
jenis (20°C)
|
Terisi
penuh
|
1,270 - 1,290
|
|
Perlu
diisi kembali
|
dibawah 1,260
|
||
Arus
pengisian maksimum
|
0,25 A
|
||
Alternator
|
Kapasitas
|
110 W / 5.000 rpm
|
|
Tahanan
koil pengisian 20°C
|
Putih
- Hijau
|
0,2 - 1,0 W
|
|
Kuning
- Hijau
|
0,1 - 0,8 W
|
||
Voltase
regulator/rectifier yang diatur
|
13,5 - 15,5 V/5.000 rpm
|
SISTEM PENGAPIAN
BAGIAN SPESIFIKASI
|
BAGIAN
SPESIFIKASI
|
|
Busi
|
NGK
|
DP8 EA - 9
|
DENSO
|
X24EP - U9
|
|
Jarak renggang busi
|
0,8 - 0,9 mm
|
|
Voltase
puncak koil pengapian
|
minimum 100 V
|
|
Voltase
puncak pembangkit pulsa pengapian
|
minimum 0,7 V
|
|
Waktu
pengapian ( tanda "F" )
|
17° sebelum TMA pada putaran stasioner
|
LAMPU/METER/SAKLAR
BAGIAN
|
SPESIFIKASI
|
||
Bola
lampu
|
Lampu
depan
|
Jauh
|
12V - 35 W
|
Dekat
|
12V - 36,5 W
|
||
Lampu
senja
|
12V - 3,4 W
|
||
Lampu
belakang / rem
|
12V - 18/5 W
|
||
Lampu
sein depan
|
12V - 15 W x 2
|
||
Lampu
sein belakang
|
12V - 15 W x 2
|
||
Lampu
speedometer
|
12V - 3,4 W
|
||
Lampu
tachometer
|
12V - 1,7 W x 2
|
||
Indikator
lampu jauh
|
12V - 3 W
|
||
Indikator
netral
|
12V - 3 W
|
||
indikator
lampu sein
|
12V - 3 W x 2
|
||
Sekring
|
Sekring
utama
|
15 A
|
|
Sekring
tambahan
|
10 A
|