Spesifiaksi honda megapro 160 cc - BUKU MANUAL -->

Spesifiaksi honda megapro 160 cc

SPESIFIKASI


UMUM


DIMENSI
Panjang
2020  mm


Lebar
740    mm


Tinggi
1056  mm


Jarak poros roda
1280  mm


Tinggi sadel
774    mm


Tinggi pijakan kaki
306    mm


Jarak terendah ke tanah
140    mm


Berat kosong
109    mm


Berat siap pakai
119    mm


RANGKA
Tipe
Pola berlian


Suspensi depan
Garpu teleskopik dengan
udara bertekanan


Jarak pergerakan
poros roda
119 mm


Langkah garpu depan
135 mm


Suspensi belakang
Lengan ayun dan sokbreker pegas variabel


Jarak pergerakan
poros roda
74 mm


Ukuran ban depan
2,75 Ð 18 42P


Ukuran ban belakang
3,00 Ð 18 47P


Rem depan
Cakram tunggal hidraulis


Rem belakang
Sepatu Rem leading/trailing mekanis


Sudut caster
28°18


Panjang Trail
99 mm


Kapasitas tanki bahan bakar
12.4 liter


Kapasitas Cadangan
2.3 liter






Tipe Pendinginan udara
4 langkah SOHC






MESIN
Susunan silinder
Silinder tunggal,sudut
 kemiringan 15° dari vertical


Diameter x langkah
63,5 x 49,5 mm


Volume langkah
156 cc


Perbandingan kompresi
9,0 :1


Penggerak katup OHC
digerakan rantai


Katup masuk buka
10° sebelum TMA


                       tutup
35° sesudah TMB


Katup buang buka
35° sebelum TMB


                      tutup
    sesudah TMA


Sistem pelumasan
Basah, sirkulasi dengan
pompa oli


Tipe pompa oli
Trochoid


Sistem saringan udara
Busa polyurethane yang
 diminyaki


Berat kosong mesin
28,1 kg






KARBURATOR
Tipe kaburator
 Piston Valve, skep tunggal


Diameter skep
 22 mm




SISTEM
PENGGERAK
Sistem kopling
Basah, plat majemuk


Sistem operasi kopling
Dengan kabel (mekanis)


Transmisi
5 kecepatan,
bertautan tetap


Reduksi awal
3,333 (70/21)


Reduksi akhir
3,285 (46/14)


Perbandingan gigi



1
2,769 (36/13)


2
1,722 (31/18)


3
1,263 (24/19)


4
1,000 (22/22)


5
0,838 (26/31)


Pola pengoperan gigi
 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5
digerakan kaki kiri





LISTRIK
Sistem pengapian
 CDI, jenis DC


Sistem pengisian
Alternatorator satu fasa


Regulator/rectifier
Regulator saklar SCR,
 tipe regulator AC/satu fasa,
rektifikasi 1/2 gelombang



PELUMASAN




BAGIAN
STANDAR
BATAS SERVIS

Kapasitas oli mesin
Penggantian periodik
 0,9 liter
_

Pembongkaran mesin
 1,2 liter
_

OlI Mesin yang di anjurkan
Federal Oil Superior Formulation
 atau yang sejenisKualitas API
service SE atau SFViskositas
SAE 40 atau multigrade

Pompa Oli
Celah antara rotor & rumah pompa
0,15 - 0,21
0,35

Celah pada ujung rotor
0,15
0,2

Celah samping rotor pompa
 0,02 - 0,09
0,15









ISTEM BAHAN BAKAR
BAGIAN
SPESIFIKASI
Nomor identifikasi
PDD1B
Diameter venturi
24 mm
Spuyer utama (main jet)
# 108
Spuyer langsam (slow jet)
# 38
Posisi klip jet needle
Alur ke 3 dari atas
Tinggi pelampung
14 mm
Pembukaan sekrup udara
2 putaran keluar
Putaran stasioner
1.400 ±100 rpm
Jarak main bebas gas tangan
2 - 8 mm

KEPALA SILINDER/KATUP
BAGIAN
STANDAR
BATAS SERVIS
Tekanan kompresi silinder
13,0 ± 2,0 kg/cm2 Ð
pada putaran 500 rpm
-
Celah katup
Masuk
0,10 ± 0,02 mm
-
Buang
0,10 ± 0,02 mm
-
Tinggi tonjolan bubungan
Masuk
31,378 - 31,618
31,1
Buang
31,218 - 31,358
31,0
Perubahan bentuk kepala silinder
-
0,10
Pelatuk

Diameter dalam
12,000 - 12,018
12,05
Diameter luar poros
11,977 - 11,995
11,93
Kelonggaran pelatuk / poros
0,005 - 0,041
0,08
KATUP
Diameter luar tangkai katup 
masuk
5,450 - 5,465
5,42
buang
5,430 - 5,445
5,40
Diameter dalam bos  Katup
masuk
5,475 - 5,485
5,50
buang
5,475 - 5,485
5,50
Kelonggaran tangkai  Katup / bos katup             
masuk
0,010 - 0,035
0,06
buang
0,030 - 0,055
0,08
Panjang bebas pegas        
masuk
44,9
43,5
buang
39,2
38,0
Lebar dudukan katup
1,1 - 1,3
1,5

SILINDER/PISTON
BAGIAN
STANDAR
BATAS SERVIS
Silinder
Diameter dalam
63,500 - 63,510
63,6
Ketirusan
-
0,10
Kelonjongan
-
0,10
Perubahan bentuk
-
0,10
Piston,                 
cincin piston         
dan pin piston

Diameter luar piston
63,470 - 63,490
63,4
Diameter dalam lubang pin piston
15,002 - 15,008
15,04
Diameter luar pin piston
14,994 - 15,000
14,96
Kelonggaran antara pin piston & piston
0,002 - 0,014
0,07
Diameter dalam kepala kecil batang penggerak
15,010 - 15,028
15,06
Jarak renggang antara piston & silinder
0,010 - 0,040
0,15
Jarak renggang antara batang penggerak & pin piston
0,010 - 0,034
0,10
Celah antara cincin piston dan alurnya
Atas
0,025 - 0,055
0,10
Kedua
0,015 - 0,045
0,10
Celah pada ujung
cincin piston

Atas
0,20 - 0,35
0,5
Kedua
0,35 - 0,50
0,5
Cincin minyak (rel samping)
0,20 - 0,70
0,9


KOPLING/PERALATAN PEMINDAH GIGI
BAGIAN
STANDAR
BATAS SERVIS
Kopling
Jarak main bebas handel
10 - 20
-
Panjang bebas pegas
35,5
32,4
Tebal cakram
Cakram A
3,62 - 3,70
3,3
Cakram B
2,90 - 3,00
2,6
Kebengkokan plat
-
0,20

POROS ENGKOL/TRANSMISI/KICKSTARTER
BAGIAN
STANDAR
BATAS SERVIS
Garpu
pemindah
gigi
Diameter dalam
12,000 - 12,018
12,05
Tebal cakar
4,93 - 5,00
4,50
Diameter luar poros cakar
11,976 - 11,994
11,90

Diameter dalam
roda gigi

M3.C4
20,020 - 20,041
20,07
M5.C2
23,020 - 23,041
23,07
C1.
19,520 - 19,541
19,57
Gigi penggerak starter
20,000 - 20,021
20,05
Diameter luar bos

M5
22,984 - 23,005
22,93
C1
19,479 - 19,500
19,43
C2
22,979 - 23,000
22,93
Diameter dalam  bos

M5
20,020 - 20,041
22,10
C1
16,516 - 16.534
16,60
C2
20,000 - 20,021
20,10
Jarak renggang gir
ke bos
M5
0,015 - 0,057
0,10
C1,C2
0,020 - 0,062
0,10
Diameter luar
poros utama
Pada M3,M5
19,959 - 19,980
19,91
Pada gigi penggerak starter
19,967 - 19,980
19,92
Diameter luar poros
lawan

Pada bos gigi C1
16,466 - 16,484
16,41
Pada bos C2
19,974 - 19,987
19,91
Pada bos C4
19,959 - 19,980
19,91
Jarak renggang
poros ke gir
M3,C4
0,040 - 0,082
0,111
Gigi penggerak starter
0,020 - 0,054
0,084
Jarak renggang
poros ke bos

M5
0,040 - 0,082
0,111
C1
0,032 - 0,068
0, 096
C2
0,013 - 0,047
0,10
Poros engkol
Keolengan
-
0,05
Jarak renggang ke samping kepala besar batang penggerak
0,05 - 0,30
0,5
Jarak renggang radial kepala besar penggerak
0 - 0,008
0,05
Kickstarter

Diameter dalam roda gigi pinion
20,000 - 20,021
20,05
Diameter luar poros spindel
19,959 - 19, 980
19,92

RODA DEPAN/RODA BELAKANG/REM/SUSPENSI/KEMUDI
BAGIAN
STANDAR
BATAS SERVIS
Kedalaman alur ban minimum Ð
Depan
-
1,5
Belakang
-
2,0
Kebengkokan Poros
Depan
-
0,20
Belakang
-
0.20
Tekanan angin ban depan
Satu orang
1,75 kg/cm2, 25 psi
-
Dua orang
Tekanan angin ban belakang
Satu orang
200 kPa(2,00 kg/cm2 ,29 Psi)
-
Dua orang
225 kPa(2,25 kg/cm2 ,33 Psi)
Keolengan pelek roda depan/ Belakang

Radial

2,0
Aksial

2,0
Panjang bebas pegas garpu depan
485,5
475,8
Kebengkokan pipa garpu depan

0,20
Kapasitas minyak sokbreker garpu depan
159 cm3

Tinggi permukaan minyak sokbreker garpu depan
159,5

Diameter dalam tromol rem belakang
130
131
Tebal kanvas rem belakang
4,0
2,0


REM HIDRAULIK
BAGIAN
STANDAR
BATAS SERVIS
Spesifikasi minyak rem
DOT 4

Tebal cakram rem
3,8 - 4,2
3,5
Keolengan cakram rem

0,30
Diameter dalam silinder utama
12,700 - 12,743
12,76
Diameter luar piston silinder utama
12,657 - 12,684
12,64
Diameter dalam silinder caliper
25,400 - 25,450
25,46
Diameter luar piston caliper
25,318 - 25,368
25,31


BATERE/SISTEM PENGISIAN
BAGIAN
SPESIFIKASI
Batere
Kapasitas
12V - 2,5 Ah
Kebocoran arus maksimum
0,1 mA
Berat jenis (20°C)
Terisi penuh
1,270 - 1,290
Perlu diisi kembali
dibawah 1,260
Arus pengisian maksimum
0,25 A
Alternator
Kapasitas
110 W / 5.000 rpm
Tahanan koil pengisian 20°C
Putih - Hijau
0,2 - 1,0 W
Kuning - Hijau
0,1 - 0,8 W
Voltase regulator/rectifier yang diatur

13,5 - 15,5 V/5.000 rpm
SISTEM PENGAPIAN
BAGIAN SPESIFIKASI
BAGIAN SPESIFIKASI
Busi
NGK
DP8 EA - 9
DENSO
X24EP - U9
Jarak renggang busi
0,8 - 0,9 mm
Voltase puncak koil pengapian
minimum 100 V
Voltase puncak pembangkit pulsa pengapian
minimum 0,7 V
Waktu pengapian ( tanda "F" )
17° sebelum TMA pada putaran stasioner


LAMPU/METER/SAKLAR
BAGIAN
SPESIFIKASI
Bola lampu
Lampu depan
Jauh
12V - 35 W
Dekat
12V - 36,5 W
Lampu senja
12V - 3,4 W
Lampu belakang / rem
12V - 18/5 W
Lampu sein depan
12V - 15 W x 2
Lampu sein belakang
12V - 15 W x 2
Lampu speedometer
12V - 3,4 W
Lampu tachometer
12V - 1,7 W x 2
Indikator lampu jauh
12V - 3 W
Indikator netral
12V - 3 W
indikator lampu sein
12V - 3 W x 2
Sekring
Sekring utama
15 A
Sekring tambahan
10 A


Iklan Atas Artikel