HONDA MEGAPRO
SPESIFIKASI MEGAPRO
DIMENSI
Panjang 2.020 mm
Lebar 740 mm
Tinggi 1.056 mm
Jarak poros roda 1.280 mm
Tinggi sadel 774 mm
Tinggi pijakan kaki 306 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Berat kosong 109 kg
Berat siap pakai 119 kg
RANGKA
Tipe Pola berlian
Suspensi depan Garpu teleskopik dengan bantuan udara bertekanan
Jarak pergerakan poros roda 119 mm
Langkah garpu depan 135 mm
Suspensi belakang Lengan ayun dan sokbreker pegas variabel
Jarak pergerakan poros roda 74 mm
Ukuran ban depan 2,75 Ð 18 42P
Ukuran ban belakang 3,00 Ð 18 47P
Rem depan Cakram tunggal hidraulis
Rem belakang Sepatu rem leading/trailing mekanis
Sudut caster 28°18'
Panjang trail 99 mm
Kapasitas tangki bahan bakar 12,4 liter
Kapasitas cadangan 2,3 liter
MESIN
Tipe Pendinginan udara, 4 langkah SOHC
Susunan silinder Silinder tunggal,sudut kemiringan 15° dari vertikal
Diameter x langkah 63,5 x 49,5 mm
Volume langkah 156 cm3
Perbandingan kompresi 9,0 : 1
Penggerak katup OHC, digerakan rantai
Katup masuk buka 10° sebelum TMA
tutup 35° sesudah TMB
Katup buang buka 35° sebelum TMB
tutup 5° sesudah TMA
Sistem pelumasan Basah, sirkulasi dengan pompa oli
Tipe pompa oli Trochoid
Sistem saringan udara Busa polyurethane yang diminyaki
Berat kosong mesin 28,1 kg.
KARBURATOR
Tipe kaburator Piston Valve, skep tunggal
Diameter skep 22 mm
SISTEM PENGGERAK
Sistem kopling Basah, plat majemuk
Sistem operasi kopling Dengan kabel (secara mekanis)
Transmisi 5 kecepatan, bertautan tetap
Reduksi awal 3,333 (70/21)
Reduksi akhir 3,285 (46/14)
Perbandingan gigi 1 2,769 (36/13)
2 1,722 (31/18)
3 1,263 (24/19)
4 1,000 (22/22)
5 0,838 (26/31)
Pola pengoperan gigi 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 digerakan kaki kiri
LISTRIK
Sistem pengapian CDI, jenis DC
Sistem pengisian Alternatorator satu fasa
Regulator/rectifier Regulator saklar SCR, tipe regulator AC/satu fasa,
rektifikasi 1/2 gelombang
KETERANGAN UMUM
Kapasitas oli mesin Penggantian periodik 0,9 liter Ð
Pembongkaran mesin 1,2 liter Ð
Oli mesin yang dianjurkan Federal Oil Superior Formulation atau yang sejenis Kualitas API service SE atau SF Viskositas SAE 40 atau multigrade
Pompa oli Celah antara rotor & rumah pompa 0,15 - 0,21 0,35
Celah pada ujung rotor 0,15 0,20
Celah samping rotor pompa 0,02 - 0,09 0,15
SISTEM BAHAN BAKAR
Nomor identifikasi PDD1B
Diameter venturi 24 mm
Spuyer utama (main jet) # 108
Spuyer langsam (slow jet) # 38
Posisi klip jet needle Alur ke 3 dari atas
Tinggi pelampung 14 mm
Pembukaan sekrup udara 2 putaran keluar
Putaran stasioner 1.400 ±100 rpm
Jarak main bebas gas tangan 2 - 8 mm
KEPALA SILINDER/KATUP
Tekanan kompresi silinder 13,0 ± 2,0 kg/cm2 pada putaran 500 rpm
Celah katup masuk 0,10 ± 0,02 mm Ð
buang 0,10 ± 0,02 mm Ð
Tinggi tonjolan bubungan
masuk 31,378 - 31,618 Batas servis 31,1
buang 31,218 - 31,358 Batas servis 31,0
Perubahan bentuk kepala silinder Batas servis 0,10
Pelatuk
Diameter dalam 12,000 - 12,018 Batas servis12,05
Diameter luar poros 11,977 - 11,995 Batas servis 11,93
Kelonggaran pelatuk / poros 0,005 - 0,041 Batas servis 0,08
Katup
Diameter luar tangkai katup masuk 5,450 - 5,465 Batas servis 5,42
katup buang 5,430 - 5,445 Batas servis 5,40
Diameter dalam bos katup masuk 5,475 - 5,485 Batas servis 5,50
katup buang 5,475 - 5,485 Batas servis 5,50
Kelonggaran tangkai Katup / bos katup masuk 0,010 - 0,035 Batas servis 0,06
katup buang 0,030 - 0,055 Batas servis 0,08
Panjang bebas pegas luar 44,9 Batas servis 43,5
dalam 39,2 Batas servis 38,0
Lebar dudukan katup 1,1 - 1,3 Batas servis 1,5
(semua dalam satuan mm)
SILINDER/PISTON
[ BAGIAN ][ STANDAR ] [ BATAS SERVIS ]
Silinder Diameter dalam 63,500 - 63,510 63,6
Ketirusan Ð 0,10
Kelonjongan Ð 0,10
Perubahan bentuk Ð 0,10
PISTON,CINCIN PISTON dan PIN PISTON
[ BAGIAN ][ STANDAR ] [ BATAS SERVIS ]
Diameter luar piston 63,470 - 63,490 63,4
Diameter dalam lubang pin piston 15,002 - 15,008 15,04
Diameter luar pin piston 14,994 - 15,000 14,96
Kelonggaran antara pin piston & piston 0,002 - 0,014 0,07
Diameter dalam kepala kecil batang penggerak 15,010 - 15,028 15,06
Jarak renggang antara piston & silinder 0,010 - 0,040 0,15
Jarak renggang antara batang penggerak & pin piston 0,010 - 0,034 0,10
Celah antara cincin Atas 0,025 - 0,055 0,10
piston dan alurnya Kedua 0,015 - 0,045 0,10
Celah pada ujung Atas 0,20 - 0,35 0,5
cincin piston Kedua 0,35 - 0,50 0,5
Cincin minyak (rel samping) 0,20 - 0,70 0,9
Unit : mm
BAGIAN STANDAR BATAS SERVIS
Kopling Jarak main bebas handel 10 - 20 Ð
Panjang bebas pegas 35,5 32,4
Tebal cakram Cakram A 3,62 - 3,70 3,3
Cakram B 2,90 - 3,00 2,6
Kebengkokan plat Ð 0,20
DIMENSI
Panjang 2.020 mm
Lebar 740 mm
Tinggi 1.056 mm
Jarak poros roda 1.280 mm
Tinggi sadel 774 mm
Tinggi pijakan kaki 306 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Berat kosong 109 kg
Berat siap pakai 119 kg
RANGKA
Tipe Pola berlian
Suspensi depan Garpu teleskopik dengan bantuan udara bertekanan
Jarak pergerakan poros roda 119 mm
Langkah garpu depan 135 mm
Suspensi belakang Lengan ayun dan sokbreker pegas variabel
Jarak pergerakan poros roda 74 mm
Ukuran ban depan 2,75 Ð 18 42P
Ukuran ban belakang 3,00 Ð 18 47P
Rem depan Cakram tunggal hidraulis
Rem belakang Sepatu rem leading/trailing mekanis
Sudut caster 28°18'
Panjang trail 99 mm
Kapasitas tangki bahan bakar 12,4 liter
Kapasitas cadangan 2,3 liter
MESIN
Tipe Pendinginan udara, 4 langkah SOHC
Susunan silinder Silinder tunggal,sudut kemiringan 15° dari vertikal
Diameter x langkah 63,5 x 49,5 mm
Volume langkah 156 cm3
Perbandingan kompresi 9,0 : 1
Penggerak katup OHC, digerakan rantai
Katup masuk buka 10° sebelum TMA
tutup 35° sesudah TMB
Katup buang buka 35° sebelum TMB
tutup 5° sesudah TMA
Sistem pelumasan Basah, sirkulasi dengan pompa oli
Tipe pompa oli Trochoid
Sistem saringan udara Busa polyurethane yang diminyaki
Berat kosong mesin 28,1 kg.
KARBURATOR
Tipe kaburator Piston Valve, skep tunggal
Diameter skep 22 mm
SISTEM PENGGERAK
Sistem kopling Basah, plat majemuk
Sistem operasi kopling Dengan kabel (secara mekanis)
Transmisi 5 kecepatan, bertautan tetap
Reduksi awal 3,333 (70/21)
Reduksi akhir 3,285 (46/14)
Perbandingan gigi 1 2,769 (36/13)
2 1,722 (31/18)
3 1,263 (24/19)
4 1,000 (22/22)
5 0,838 (26/31)
Pola pengoperan gigi 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 digerakan kaki kiri
LISTRIK
Sistem pengapian CDI, jenis DC
Sistem pengisian Alternatorator satu fasa
Regulator/rectifier Regulator saklar SCR, tipe regulator AC/satu fasa,
rektifikasi 1/2 gelombang
KETERANGAN UMUM
Kapasitas oli mesin Penggantian periodik 0,9 liter Ð
Pembongkaran mesin 1,2 liter Ð
Oli mesin yang dianjurkan Federal Oil Superior Formulation atau yang sejenis Kualitas API service SE atau SF Viskositas SAE 40 atau multigrade
Pompa oli Celah antara rotor & rumah pompa 0,15 - 0,21 0,35
Celah pada ujung rotor 0,15 0,20
Celah samping rotor pompa 0,02 - 0,09 0,15
SISTEM BAHAN BAKAR
Nomor identifikasi PDD1B
Diameter venturi 24 mm
Spuyer utama (main jet) # 108
Spuyer langsam (slow jet) # 38
Posisi klip jet needle Alur ke 3 dari atas
Tinggi pelampung 14 mm
Pembukaan sekrup udara 2 putaran keluar
Putaran stasioner 1.400 ±100 rpm
Jarak main bebas gas tangan 2 - 8 mm
KEPALA SILINDER/KATUP
Tekanan kompresi silinder 13,0 ± 2,0 kg/cm2 pada putaran 500 rpm
Celah katup masuk 0,10 ± 0,02 mm Ð
buang 0,10 ± 0,02 mm Ð
Tinggi tonjolan bubungan
masuk 31,378 - 31,618 Batas servis 31,1
buang 31,218 - 31,358 Batas servis 31,0
Perubahan bentuk kepala silinder Batas servis 0,10
Pelatuk
Diameter dalam 12,000 - 12,018 Batas servis12,05
Diameter luar poros 11,977 - 11,995 Batas servis 11,93
Kelonggaran pelatuk / poros 0,005 - 0,041 Batas servis 0,08
Katup
Diameter luar tangkai katup masuk 5,450 - 5,465 Batas servis 5,42
katup buang 5,430 - 5,445 Batas servis 5,40
Diameter dalam bos katup masuk 5,475 - 5,485 Batas servis 5,50
katup buang 5,475 - 5,485 Batas servis 5,50
Kelonggaran tangkai Katup / bos katup masuk 0,010 - 0,035 Batas servis 0,06
katup buang 0,030 - 0,055 Batas servis 0,08
Panjang bebas pegas luar 44,9 Batas servis 43,5
dalam 39,2 Batas servis 38,0
Lebar dudukan katup 1,1 - 1,3 Batas servis 1,5
(semua dalam satuan mm)
SILINDER/PISTON
[ BAGIAN ][ STANDAR ] [ BATAS SERVIS ]
Silinder Diameter dalam 63,500 - 63,510 63,6
Ketirusan Ð 0,10
Kelonjongan Ð 0,10
Perubahan bentuk Ð 0,10
PISTON,CINCIN PISTON dan PIN PISTON
[ BAGIAN ][ STANDAR ] [ BATAS SERVIS ]
Diameter luar piston 63,470 - 63,490 63,4
Diameter dalam lubang pin piston 15,002 - 15,008 15,04
Diameter luar pin piston 14,994 - 15,000 14,96
Kelonggaran antara pin piston & piston 0,002 - 0,014 0,07
Diameter dalam kepala kecil batang penggerak 15,010 - 15,028 15,06
Jarak renggang antara piston & silinder 0,010 - 0,040 0,15
Jarak renggang antara batang penggerak & pin piston 0,010 - 0,034 0,10
Celah antara cincin Atas 0,025 - 0,055 0,10
piston dan alurnya Kedua 0,015 - 0,045 0,10
Celah pada ujung Atas 0,20 - 0,35 0,5
cincin piston Kedua 0,35 - 0,50 0,5
Cincin minyak (rel samping) 0,20 - 0,70 0,9
Unit : mm
BAGIAN STANDAR BATAS SERVIS
Kopling Jarak main bebas handel 10 - 20 Ð
Panjang bebas pegas 35,5 32,4
Tebal cakram Cakram A 3,62 - 3,70 3,3
Cakram B 2,90 - 3,00 2,6
Kebengkokan plat Ð 0,20