Fungsi Kiprok pada Sepeda Motor
Mungkin teman teman bingung tentang fungsi kiprok pada sepeda motor, yang sudah tau ya syukur yang ga tau semoga dengan membaca ini lebih tau. Oke langsung saja ke topik pembicaraan kita yaitu fungsi kiprok pada motor. pada dasarnya fungsi kiprok ada 2 yaitu sebagai ups lupa yang belum tau bagaimana wujudnya kiprok nih ada gambarnya
gambar diatas adalah kiprok biasa (kiprok Halwave) untuk Kiprok Fullwave cari sendiri deh di gugel banyak kok, paling yang ketemu kiprok Tiger ato Kiprok Vixion, heheheh
1. Rectifier
adalah menyearahkan tegangan dari sepul sehingga aman disalurkan ke aki, setrum dari sepul adalah AC dan setelah melalui Rectifier akan menjadi strum DC,jadi kaya semacam adaptor. Bersamaan dengan ini Regulator berfungsi agar tegangan yang masuk ke aki tidak besar paling besar ya sekitar 14 volt lah, kalo lebih besar dari 14 volt aki cenderung panas, over voltage istilahnya ini akan mengakibatkan aki cepet mati ato rusak. Kalau kurang dari 12 volt aki ga bakalan terisi, tekor pasti
kenapa harus lebih dari 14 volt, hmm...analoginya kita hanya dapat mengisi ember air ketika letak selang pengisi lebih tinggi dari ember (permukaan air di ember tepatnya), jangan bilang ngisinya air pake pdam ato pompa air ya, anggap aja ngisinya natural tentu kita tida bisa ngisi ember bila selang air tidak lebih tinggi dari permukaan air diember. Bagaimana kalo selisih tinggi selang pengisi terlalu jauh, maka air akan menghantam keras ember dan mungkin ini dapat membuat ember pecah ato rusak lalu bagaimana kan kalo selang pengisi air lebih rendah dari permukaan air diember...ya ga bakalan bisa ngisi ember dong dan lampu utama dan kawan kawannya ga dapat strum penuh makanya dia akan redup, bayangkan ember itu aki ato lampu utama ya.
2. Regulator
Adalah berfungsi untuk membatasi tegangan yang masuk aki dan yang ke lampu utama. Ini berlaku untuk motor dengan lampu utama yang setromnya ikut mesin. Sama halnya pada aki, regulaor disini berfungsi untuk membatasi tegangan yang masuk ke lampu utama dan kawan kawannya. Amannya sih 14 volt lebih dari itu mungkin lampu akan lebih terang tapi kemungkinan putus bohlam lebih banyak.
Analoginya seperti diatas jadi regulator ini berfungsi untuk menjaga ketinggian selang pengisi air dengan permukaan air di ember, kalo terlalu rendah maka aki ga terisi dan lampu utama dan kawan kawannya akan redup, kalao terlalu jauh akan mengakibatkan aki dan lampu utama akan cepet putus ato rusak
O ya untuk kiprok dengan sistem Fullwave beda lagi, bedaya pada kiprok Fullwave dia tidak mengalirkan setrum ke lampu utama dan kawan kawannya, dia hanya fokus ngisi aki saja terus pada kiprok Fullwave dia lebih cepet 2 kali ngisi aki di banding kiprok biasa (Kiprok Halfwave)bedanya kalo kita pengen pasang kiprok Fullwafe, maka ujung sepul pengisian (ada 2) akan masuk ke Kiprok kalau kiprok (Halfwave) Biasa ujung sepul pengisian (ada 2) satu masuk Kiprok satu lagi nempel ke massa ato bodi sepeda motor